Senin, 14 Maret 2011

9 Fakta Ajaib Tentang Mimpi

1. Kamu Melupakan 90% Mimpi Kamu
Dalam waktu 5 menit setelah kamu terbangun, setengah dari mimpi kamu langsung terlupakan. Dalam waktu 10 menit, 90% diantaranya hilang. Karena itulah pujangga Samuel Taylor Coleridge yang terkenal itu langsung menuliskan salah satu impiannya yang aneh begitu ia terbangun. Kelak catatan itu menjadi sebuah puisi panjang yang legendaris. Judulnya : Kubla Khan

2. Tunanetra Juga Bermimpi
Orang yang buta setelah lahir bisa melihat gambar dalam mimpinya. Orang yang buta sejak lahir tidak bisa melihat gambar tapi bisa bermimpi dengan jelas dan melibatkan indera mereka yang lain, termasuk indera pendengaran, penciuman, peraba, serta emosi. Memang sukar dibayangkan bagi orang normal.

3. Pria dan Wanita Mimpi Berlainan
Setiap manusia pasti bermimpi, tapi pria dan wanita bermimpi berlainan. Pria cendarung bermimpi tentang pria lain, sedangkan wanita bermimpi mengenai pria dan wanita sama seringnya.

4. Kita Hanya Bermimpi Tentang Hal Yang Kita Ketahui
Mimpi kita sering kali dipenuhi orang asing dengan peran tertentu. Tahukah kamu bahwa otak kita tidak menciptakan wajah-wajah asing di mimpi kita itu? Mereka adalah wajah sungguhan dari orang sungguhan yang pernah kamu lihat selama hidup namun tidak kamu kenali atau ingat. Kita telah bertemu ribuan wajah sepanjang hidup kita. Jadi kita punya stok tokoh untuk otak kita kalau-kalau kita akkan bermimpi.

5. Tidak Setiap Mimpi Berwarna
12% mimpi orang non-tunanetra berlangsung tanpa warna alias hitam putih. Selebihnya bermimpi penuh warna. Penelitian dari tahun 1915 sampai 1950-an menunjukan bahwa kebanyakan orang bermimpi tanpa warna. Hasil penelitiaan mulai berubah memasuki tahun 1960-an. Saat ini hanya 4,4% orang di bawah usia 25 tahun yang bermimpi hitam putih. Penelitiaan terbaru menyimpulkan bahwa perubahan ini merupakan hasil perubahan tren pesawat televisi dari hitam putih ke berwarna.

6. Hewan Juga Bermimpi
Penelitian telah dilakukan pada berbagai jenis hewan untuk mengetahui apakah mereka juga bermimpi. Hasilnya menunjuka bahwa otak hewan menunjukan gelombang yang mirip dengan gelombang otak manusia di saat bermimpi. Perhatikanlah anjing yang sedang tertidur. Cakar anjing kadang bergerak seperti sedang berlari dan mulutnya mengeluarkan suara mendengking seolah-olah sedang mengejar sesuatu di dalam mimpinya.

7. Tubuh Melumpuh
Saat bermimpi tubuh melumpuh akibat mekanisme otak untuk mencegah gerakan-gerakan tubuh yang berlangsung dalam mimpi terjadi juga di dunia nyata pada saat yang sama. Bayangin kalau kamu mimpi melompat dari Monas dan kamu melompat beneran dari tempat tidur.

8. Penggabungan Mimpi
Saat bermimpi, panca indera kita masih bisa menerima rangsangan dari luar dan menggabungkannya menjadi bagian dari mimpi. Kadang saat bermimpi kita mendengar suara klakson. Dengan ajaibnya, sura klakson tersebut menjadi bagian dari mimpi kita.

9.Jika Kamu Mendengkur, Maka Kamu Tidak Bisa Bermimpi
Fakta ini beredar luas di internet. Betulkah fakta ini? Masih jadi perdebatan tuh. .


sumber : http://goblogsangad.blogspot.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar